16.10.10

Demi Lingkungan Toyota Gelontor USD 60 Juta

Amerika Serikat – Toyota Motor Corporation (TMC) benar-benar peduli terhadap upaya menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan hijau disamping menciptakan mobil keluarga ideal. Tak berpuas diri mengandalkan teknologi hybrid pada Toyota Prius yang telah terjual 2 juta unit di seluruh dunia, TMC juga memberikan kepercayaan kepada Tesla Motors Inc. dengan menggelontorkan dana segar sebesar USD 60 juta.

Besarnya dana itu untuk membiayai pengembangan baterai lithium-ion, motor listrik dan komponen penunjang lainnya. Dengan teknologi listrik yang lebih canggih tersebut, Toyota optimis di masa mendatang akan hadir mobil-mobil yang lebih ramah pada lingkungan. Ini akan menjadi pilihan mobil keluarga terbaik di Indonesia

Sebagai proyeksi awal, Toyota RAV4 yang jadi pilihan. Sport Utility Vehicle (SUV) kompak yang penjualannya sangat laris di Amerika dan Eropa ini akan hadir dengan versi elektrik. Varian yang sama sekali baru ini juga rencananya akan menggunakan teknologi gearbox dan software terbaru.

Diperkirakan Toyota RAV4 elektrik akan dilepas ke pasaran pada 2012 atau dua tahun lagi. Pengembangan RAV4 dilakukan di pabrik milik bersama Toyota-Tesla di Fremont, California, sedangkan produksinya bisa saja dipusatkan di pabrik Toyota yang berlokasi di San Francisco.

Sejauh ini para dealer Toyota di Amerika Serikat sangat antusias menyambut kedatangan RAV4 elektrik. Terutama setelah versi prototype-nya dikenalkan pekan lalu di Las Vegas.

Yang mengagumkan dari hasil tes sementara, performa Toyota RAV4 elektrik lebih responsif dibandingkan mobil-mobil sejenis. Akselerasinya sangat responsif, karena untuk mencapai kecepatan dari posisi berhenti hingga melaju pada 100 km/jam cukup membutuhkan waktu 5,6 detik.

Dengan performanya yang sangat meyakinkan tersebut, Toyota-Tesla berhasil menyinergikan antara kendaraan yang lebih ramah lingkungan tanpa harus mengorbankan kecepatan. Dipastikan kehadiran Toyota RAV4 elektrik bakal memperkokoh dominasi Toyota sebagai produsen mobil-mobil berteknologi hijau di dunia selain sebagai penyedia Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia (*)

No comments: