23.1.09

Sex Education, Baiknya Mulai Usia Empat Tahun

Sex Education, Baiknya Mulai Usia Empat TahunSemuda mungkin anak mestinya diberi pendidikan seks. Asosiasi Keluarga Berencana di Inggris mengungkapkan bahwa mulai usia empat tahun anak sebaiknya diberi pendidikan seks. Ini dimaksudkan untuk menekan angka aborsi dan infeksi penyakit menular seksual di antara para remaja.

Asosiasi ini berpendapat, bahwa pendidikan yang bertingkat mengenai seksualitas akan membantu anak-anak untuk paham dengan alat reproduksi dan yang terkait dengan seksualitasnya. Departemen Anak, Sekolah dan Keluarga mengatakan bahwa anak-anak mesti diajari mengenal bagian tubuhnya dan perbedaan-perbedaan mendasar antara seksualitas pria dan wanita juga hubungan di antara keduanya.

Sampai saat ini pemerintah tidak memberikan informasi yang memadai mengenai seks dan hubungan antarmanusia. Karena itu "Banyak anak muda melakukan hubungan seks untuk mencari tahu bagaimana rasanya," ungkap Simon Blake, Direktur eksekutif Asosiasi Keluarga Berencana Inggris.

Menurut Simon, banyak buktinya ketika seorang anak mengenal pendidikan seks dan hubungan antarmanusia sejak awal, sebelum seorang anak mengalami masa pubertas, sebelum mereka merasakan atrakasi seksual, mereka akan menunda hubungan seks atau tidak buru-buru ingin melakukan hubungan seks.

"Mereka lebih sadar untuk menggunakan kontrasepsi dan menjalankan seks secara aman."Seorang remaja usia enam belas tahun, sebut saja Bethany dari Norwich menyebutkan bahwa dia tidak mengerti konsekuensi melakukan hubungan seks di usia muda.

"Saya tidak tahu bahwa saya bakal bisa hamil," ujarnya. "Saya pikir pengenalan seksualitas dalam pendidikan seks akan membatu kami seperti saya menghadapi hal ini."

Lembaga sosial ini menyebutkan bahwa pendidikan seks dasar yang diberikan dalam pelajaran ilmu pengetahuan saat ini tidak cukup memadai. Mereka menginginkan adanya kurikulum khusus mengenai seks dan hubungan antarmanusia sebagai mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah Inggris setara dengan mata pelajaran lain seperti matematika, bahasa Inggris.

Departemen Anak, Sekolah dan Keluarga mengatakan bahwa pendidikan seks dan hubungan antarmanusia yang efektif merupakan hal yang esensial untuk anak muda agar mereka memiliki pilihan yang aman dan menyehatkan atas hidupnya. Dan tentu saja agar kehamilan di usia muda dan infeksi penyakit menular dapat dicegah.

Seorang juru bicara departemen menambahkan bahwa para penasihat pemerintahan akan merekomendasikan kebijakan ini kepada pemerintah untuk menjadi sebuah kebijakan baru bulan depan.

2 comments:

badot said...

busyet dah, emang umur 4 tahun bakalan ngerti kalo ngejelasin viagra, kondom, masturbasi...hehehe..tapi rekomendasi yang bagus...hidup...!!!

SariRAPET said...

@badot: ibarat makan, kan diberi susu, habis itu bubur baru kemudian nasi, demikian juga pendidikan seks, secara bertahap, begitu remaja sudah ngga terperangkap lagi, gitu loh dot!