10.8.11

Punya Anak Bisa Bikin Sehat

Hampir setiap pasangan suami isteri pasti mendambakan hadirnya sang buah hati. Namun, dalam beberapa situasi, ada sebagian pasangan yang sengaja menunda untuk mempunyai momongan. Tetapi tahukah Anda, bahwa kehadiran buah hati, akan membuat hidup Anda lebih sehat.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dengan kehadiran momongan ditengah-tengah kehidupan Anda:

1. Menurunkan tekanan darah Anda Sebuah studi terbaru oleh Brigham Young University menemukan bahwa menjadi orangtua dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah. Peneliti mengamati 200 pasangan yang telah menikah untuk memonitor tekanan darah selama 24 jam. Hasilnya ditemukan bahwa pasangan yang mempunyai anak, secara signifikan tekanan darahnya lebih rendah dibandingkan mereka yang tanpa keturunan.

2. Kesehatan mental

Kepercayaan yang berkembang dimasyarakat saat ini, anak seringkali membuat orang tua menjadi stres karena kelakukan nakal mereka. Namun hasil penelitian di Mental Health Foundation, Taiwan mengklaim, kehadiran anak justru akan membuat orang tua terlihat lebih sehat secara mental. Sebuah organisasi baru telah mewawancarai 1.084 keluarga yang dipilih secara acak dan ditemukan bahwa keluarga yang tidak memiliki anak kesehatan mentalnya 6,4 poin lebih rendah dibandingkan mereka yang memiliki anak.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki anak lebih bahagia dan memiliki kepuasan emosional yang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak memiliki anak," kata Tom Yang, peneliti utama studi tersebut.

3. Memperbaharui pengetahuan

Siapapun yang memiliki anak bisa membuktikan bahwa kata-kata yang sering diucapkan seorang anak adalah "mengapa”. Anak-anak pada dasarnya selalu mempunyai rasa ingin tahu yang besar, misalnya saja seperti, "Mengapa mata kucing bersinar saat malam hari?", "Kenapa bau begitu segar setelah hujan "dan lain sebagainya.

Sebagai orang tua, Anda tentu harus dapat menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan si kecil dengan sebuah jawaban yang masuk akal. Dan secara tidak langsung, Anda telah diarahkan untuk memoles pengetahuan dengan kembali belajar mempelajari sesuatu.

4. Anak sebagai Alasan

Banyak pria lajang yang sering mengeluh bahwa teman-teman mereka yang sudah menikah dan memiliki anak, sangat sulit untuk diajak hang out. Hal ini terjadi karena kebanyakan orangtua menggunakan anak-anak mereka sebagai alasan untuk menghindar dari kegiatan sosial yang tidak diinginkan.

5. Meningkatkan harga diri Siapapun yang memiliki anak pasti akan merasa bangga dan puas ketika seorang anak memberikan suatu ucapan positif misalnya, “kau adalah ayah terbaik diseluruh dunia”. Ucapan seperti ini pastinya akan memiliki efek mendalam pada harga diri Anda sebagai orang tua. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyelesaikan segala bentuk pekerjaan yang Anda diperkirakan sebelumnya tidak mungkin menjadi mungkin.

6. Lebih bahagia

Para orang tua sudah sejak lama beranggapan bahwa sebuah keturunan akan membuat mereka jauh lebih bahagia. Dan baru-baru ini, ada sebuah studi yang mendukung klaim tersebut. Sebuah studi yang dilakukan Max Planck Institute for Demographic menemukan korelasi langsung antara kehadiran anak dan kebahagiaan orang tua di atas usia 40.

Peneliti menyurvei 200.000 orang di 86 negara antara tahun 1981 dan 2005 dan menemukan bahwa pada usia 40 tahun, orang tua dengan 1-3 anak merasa jauh lebih bahagia dibandingkan pasangan yang tidak memiliki anak. Bahkan ketika usia 50, orangtua yang memiliki anak akan lebih bahagia daripada pasangan yang tanpa anak. Temuan ini tidak mengherankan. Pasalnya, kebanyakan orangtua akan lebih mudah merawat anak ketika mereka tumbuh dewasa.

No comments: