30.10.09

Apa sebenarnya isi cairan mani?

Isi cairan maniDi dalam berhubungan badan atau melakukan aktivitas seksual, cairan mani berfungsi sebagai pelumas. Setiap kali ejakulasi, rata-rata pria mengeluarkan cairan mani atau semen kurang lebih satu sendok teh. Sedangkan banyak sedikitnya cairan mani ini tergantung pada usia (pada umumnya usia muda lebih banyak), kapan terakhir ejakulasi, dan jenis rangsangan yang diterima pria tersebut.

Satu sendok teh cairan mani mengandung sekitar 21 kilojoules (kilo kalori) dengan 200-500 juta sperma. Karena jumlah sperma hanya sekitar 1% dari cairan mani, lalu pertanyaan berikutnya yang timbual adalah apa yang sisanya? Menurut seksolog Dr Elna McIntosh, sisa cairan mani terdiri dari gula fruktosa, air, asam sitrat, enzim, protein, ascorbic acid (vitamin C), posfat, dan zinc.

Karena itu jika anda tertelan cairan mani anda tidak perlu terlalu khawatir, Namun untuk mencegah penularan penyakit seksual, tetap disarankan untuk menggunakan kondom saat berhubungan seks. Kendati demikian, hingga kini masih diperdebatkan, apakah penularan virus HIV bisa terjadi lewat seks oral yang mengandung cairan mani. Yang pasti, tak sedikit penyakit menular seksual yang bisa terjadi lewat seks oral melalui media cairan mani tersebut.

No comments: