20.12.08

Pendidikan Seks Harusnya Dimulai dari Keluarga

Pendidikan Seks Harusnya Dimulai dari KeluargaMasalah seksual masih tabu untuk dibicarakan, baik dalam keluarga maupun di luar lingkungan keluarga, sehingga banyak informasi keliru tentang pengetahuan seksual, minimnya pendidikan seksual berakibat kehamilan diluar nikah, penyakit menular seksual dan lain lain. Anda sebagai orang tua tentunya tidak ingin anak anda mengenal seks dengan cara seperti gambar pada postingan ini bukan?

Agar tidak memperoleh informasi keliru mengenai pengetahuan seksual, materi pendidikan seksual seharusnya diperkenalkan dalam keluarga dan di luar lingkungan keluarga terutama di sekolah. Karena sebagian masyarakat masih saja tabu berbicara mengenai seksual, banyak anak kebingungan ketika pertama kali mendapat menstruasi atau mengalami mimpi basah.

Pemberian pendidikan seksual bukan berarti membuka peluang untuk perilaku seks bebas, melainkan lebih menekankan mengenai perbedaan lelaki dan perempuan secara seksual, kapan terjadi pembuahan, apa dampaknya jika berperilaku seks tanpa dilandasi tanggung jawab termasuk risiko terkena infeksi menular seksual, dan penjelasan berbagai jenis infeksi menular seksual pada perempuan dan laki-laki.

Jadi jangan ragu memulai pendidikan seksual bagi putra putri anda untuk mencegah beberapa resiko seperti yang sudah disebutkan di atas tadi. Beberapa artikel yang berkaitan dengan pendidikan seks untuk anak harap lihat disini.

15 comments:

Pauls said...

Topik yang menarik, saya memang sedang membutuhkannya,Tapi sangat disayangkan informasi-nya putus pada kesimpulan, Mungkin akan lebih Membantu lagi jika Anda memberika berupa Tips untuk memulai-nya.Terima Kasih

salam

SariRAPET said...

@Pauls; thanks untuk komen Anda. Sudah ada beberapa artikel, klik saja under klasifikasi/tag ANAK.

bunda said...

alhamdulillah, anak-anak saya sudah mendapat pelajaran ttg fungsi alat reproduksi dan bagaimana menjaga kesehatan alat reproduksi tubuhnya.
terimakasih sudah berbagi info

ullyanov said...

Betul. Pengetahuan akan mengantarkan orang pada kebijaksanaan. Semakin luas pengetahuan yang dimiliki, semakin bijaksanalah orang itu. Semakin bijaksana seseorang, makin ia bertanggung jawab atas semua perbuatannya. Jangan menganggap tabu persoalan seksualitas. Karena ia adalah sesuatu yang alamiah. Semua orang (dan juga semua mahluk hidup) juga membutuhkan seks. Tapi...seks yang sehat dan bertanggungjawablah yang harus dikedepankan.

Ang1n said...

se enam setuju se lapan :D..
tapi pendidikan buat yg anak2 mestinya ada batasan

jgn sampe pada pengertian2 yang "dewasa" gitu hehehe

suryaden said...

wealah,
anak sekaraang umur 4 tahun aja udah tahu kondom, pacaran, cowok, cewek je mas,
kasih tahu dong menangkal yang kayak di foto itu...
tapi yang jelas anak2 kalo dikasih tahu secara benar dia akan ikuti...
sip..sip..

deden said...

sadar sih, cuman kalau memberi pendidikan seks ke anakku sendiri masih rada2 salting. gimana teknik ngajar yg bener ke anak ya?

Natalia said...

yah, emang ada benernya, walaupun belum punya anak..hehehe....toh belajar biar gak grogi for the next time

Nyante Aza Lae said...

tuh jenis klaminnya ditulis pa digambar omm?

afie said...

masalahnya pendidikan seks yg baik itu yg gimana? blm tentu yg baik utk bule baik utk kita, bgt jg sebaliknya

Dews said...

Nice info... Keep posting om... :)

Lyla said...

setuju sih... tp ya mesti pendidikan seksnya jgn kyk di luar negeri yang free duh bisa bahaya...

Roni said...

gambarnya ada yg lebih hot ? :D

IKHSAN said...

setuju aja deh....

ahmadx said...

apanya sich sob yang dilihat 2 pemuda tu?penasaran nech..