1.12.08

Sebelum Mengucapkan Janji Pernikahan

Sebelum Mengucapkan Janji PernikahanPerkawinan merupakan komitmen diantara dua orang yang tidak boleh disalahgunakan. Pastikan Anda menikah untuk alasan yang tepat, bukan untuk alasan yang salah.

Rasanya tak ada salahnya Anda dan pasangan mengajukan tiga pertanyaan berikut sebelum memutuskan untuk mengucapkan janji pernikahan.

1. Apakah anda berdua cocok bahkan disaat menyikapi perbedaan?

Di dalam sebuah perkawinan, definisi kecocokan agak sedikit berbeda dan artinya lebih dari hanya memiliki kesamaan hobi, gemar makanan yang sama, film dan musik yang sama, dan seterusnya. Cocok di dalam sebuah perkawinan adalah memiliki kemampuan beradaptasi untuk berubah dan memiliki sikap positif didalam menghadapi perbedaan.

2. Apakah Anda berdua saling percaya?

Perkawinan tanpa rasa saling percaya bisa ditebak merupakan perkawinan yang akan berakhir dengan perceraian. Memiliki kepercayaan dari pasangan, merupakan suatu keharusan di dalam suatu hubungan. Bila ada keragu-raguan antara satu dan lainnya, berarti tidak ada rasa percaya. Suatu hubungan tumbuh dari rasa saling percaya dan tidak dapat bertahan tanpa rasa saling percaya.

3. Apakah Anda berdua berkomunikasi sewajarnya pasangan?

Tidak adanya komunikasi dapat menghancurkan suatu hubungan. Komunikasi sangat penting di dalam suatu perkawinan. Orang yang menikah perlu berkomunikasi setiap saat. Berbicara hanya pada saat genting atau tidak berbicara sama sekali, hanya menyakiti hubungan tadi. Berbicara berarti mengungkapkan isi hati dan pikiran, bukan hanya hal hal yang baik tetapi juga hal hal sebaliknya. Tidak adanya komunikasi juga membawa pernikahan kepada perceraian.

Nah, bila Anda dan pasangan dapat menjawab ketiga pertanyaan di atas secara jujur dan saling memberikan jawaban yang memuaskan satu sama lain, mungkin perkawinan merupakan ide yang baik bagi Anda berdua.

No comments: