18.11.08

Kembar Enam, Bayi Berbobot 750 Gram

Selama tujuh tahun pasangan Victor dan Digna Carpio hanya hidup bersama Jhancarlos, putra mereka satu-satunya. Semua berubah ketika pada 6 Oktober, Digna melahirkan enam bayi sekaligus.

Pasangan Carpio dianugerahi empat bayi laki-laki dan dua bayi perempuan. Namun, mereka menutupi kabar luar biasa itu dari pers karena kondisi bayi-bayi mereka cukup mengkhawatirkan.

Keenam bayi kembar itu lahir di Pusat Medis Mount Sinai, Manhattan, New York. Berat masing-masing antara 750 gram dan 1 kilogram. “Dokter-dokter tidak percaya melihat berat bayi-bayi kami,” kata Victor Carpio, petugas pemeliharaan di Housing Authority, New York.

“Mereka kecil dan keriput,” ujar Jhancarlos, sang kakak, sambil memandangi keenam adikknya yang hingga kini masih berada dalam inkubator.

Salah satu bayi perempuan, menurut dokter, hanya punya 25 persen peluang hidup karena ada masalah dengan katup jantungnya. Namun, kondisinya kini berangsur membaik setelah dokter mengoperasinya. Peluang hidupnya kini mencapai 75 persen.

“Setiap hari saya melihat setiap bayi saya berjuang untuk bertahan hidup. Namun, kami bersyukur,” kata Digna Carpio kepada surat kabar Daily News New York.

Sampai saat ini Victor dan Digna Carpio belum memberi nama bayi-bayi mereka sehingga identifikasi mereka hanya bayi A, B, C, D, E, dan F. Bayi E dan F adalah dua bayi perempuan. Victor dan Digna berencana memberi nama akhir pekan depan saat bayi-bayi itu berumur sebulan.

Meski luar biasa bahagia, pasangan itu tetap panik membayangkan harus merawat enam bayi sekaligus. “Saya tidak bisa tidur memikirkan cara kami merawat mereka,” kata Victor Carpio. Mereka beruntung karena bantuan sudah datang dari Tony Avella, anggota dewan kota tempat mereka tinggal. Avella sudah mengumpulkan botol minum, popok, kereta bayi, dan kebutuhan lainnya.

Source

No comments: