18.11.08

Kue Jangkrik Bikin Perempuan 'Jos'

Ide kue kering jangkrik ditulis dalam bentuk proposal dan diajukan untuk Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada September 2007 yang merupakan program Direktorat Penelitikan dan Pengabdian pada Masyarakat di Ditjen Pendidikan Tinggi.

"Kami memproduksi kue kering dan dijajakan di sekitar kampus ITS, tetangga dan teman," kata Nurma. Produk itu dikemas dalam plastik mika ukuran kecil dan diberi nama Gryllus Biscuit. Kata jangkrik sengaja tidak digunakan untuk mengantisipasi kesan pertama pembeli.

Satu pak Gryllus Biscuit dijual Rp 3.000 dan mampu bertahan selama dua bulan. Pada sampul kemasan juga diberi keterangan kandungan gizi yang terdapat dalam kue kering itu berikut komposisi bahannya.

Pemilihan jangkrik bukan asal comot. Ria menjelaskan, jangkrik mengandung 105,49 ppm hormon progesteron dan 259,535 hormon esterogen. Kedua hormon itu diketahui baik untuk membangun vitalitas perempuan. Misalnya, bermanfaat untuk pertumbuhan sekunder serta kesuburan, di samping bisa mengurangi rasa nyeri saat menopause dan membuat siklus menstruasi lancar.

Bahkan jangkrik bisa menghasilkan sumber energi 4,87 kalori per gram, jauh di atas bahan makanan lainnya. "Sebenarnya jangkrik sudah dibuat menjadi obat penghilang nyeri menopause dan lancar haid dalam bentuk kapsul," kata Ria menambahkan.

Nurma dan Ria mempraktikkan pembuatan kue kering jangkrik di rumah kosnya, Jl Hidrodinamika III/6. Dengan modal Rp 50.000, mereka bisa menghasilkan 1 kg kue kering jangkrik.

Source

No comments: